Minggu, 27 Desember 2009

4 TEMPERAMEN MANUSIA

Istilah 4 temperamen ini pertama kali diajukan Socrates, lalu dikembangkan Ibnu, nama belakangnya gue lupa, orang Arab. Socrates bilang tubuh manusia didominasi 4 macam cairan, n biasanya ada yang lebih mendominasi. Cairan itu antara lain:
-Sang (Darah merah)
-Yellow Pile (Empedu Kuning)
-Black Pile (Empedu Hitam)
-Phlegm (Lendir)
Selanjutnya, Ibnu ngembangin ini jadi sifat dasar manusia yaitu Sanguine, Choleric, Melancholic, dan Phlegmatic.. Sanguin dipengaruhi darah, Kolerik dipengaruhi Empedu Kuning, Melankolis dipengaruhin empedu hitam, dan sisanya phlegmatis yang dipengaruhi cairan phlegm atau lendir... Lalu Ibnu juga menjelaskan keterhubungannya dengan elemen dan musim, sbb:

-Sanguin itu berelemen Udara. Sifatnya panas dan lembab, dipengaruhi oleh musim semi.
-Kolerik itu berelemen Api. Sifatnya panas dan kering, dipengaruhi oleh musim panas.
-Melankolis itu berelemen Tanah. Sifatnya dingin dan kering, dipengaruhi musim gugur.
-Phlegmatis itu berelemen Air. Sifatnya dingin dan basah, dipengaruhi musim dingin.

Selain itu masih ada lagi hubungannya dengan hari. Sanguin itu pagi hari, Koleris siang hari, Melankolis sore hari, dan Phlegmatis malam hari. Yah walaupun itu teoriku sendiri dan mungkin kau tidak setuju.

Sepertinya teori temperamen ini masih sering dipertanyakan kebenarannya, dan ironisnya saya tidak mengerti apa yang bisa dipertanyakan! Oke, mungkin kalo soal cairan tubuh itu tidak benar (tapi menurutku benar), tapi bagaimanapun manusia pasti punya sifat dasar kan yang bisa dicari tahu. Walaupun tidak ada satu orangpun di dunia ini yang sama... Keempat sifat itu pasti ada dalam manusia, tapi ada yang lebih dominan. Langsung saja saya bahas.

SANGUIN YANG POPULER (Ekstrovert, Pembicara, Optimis)
Kalau anda melihat kumpulan orang yang bersuara keras dan lebih banyak berbicara dalam suatu kelompok, dia sudah pasti Sanguinis! Sanguin memang dikenal dengan sifatnya yang memonopoli pembicaraan, populer, menarik, ceria, mudah bergaul, bisa membicarakan apa saja, tapi jangan jadikan ia pendengar untuk masalah anda apalagi rahasia anda, karena dia bisa membongkarnya bahkan membesar-besarkannya tanpa dia sendiri sadari! Sanguin memang enerjik, pandai menghafal warna, tapu payah dalam menghafal nama. Jika bicara, seringkali bagian-bagian tubuh yang lain seperti tangan juga ikut bergerak-gerak, vbisa juga dia menyentuh anda, karena dia menyukai kontak fisik untuk menjaga anda tidak kabur dari ceritanya. Imajinasinya tinggi. Percaya diri, hidunya bebas. Dia pandai membuat suatu ide cemerlang, tapi kesulitan untuk melanjutkannya. Emosinya cepat berubah alias moody, dan kurang peka pada perasaan orang lain. Prinsip kerjanya: Mari kita lakukan dengan cara yang menyenangkan!

KOLERIS YANG KUAT (Ekstrovert, Pelaku, Optimis)
Koleris yang kuat ini adalah jenis temperamen yang bisa malawan situasi yang menyakitinya dan bangkit. Dia paliung tidak mau lama-lama untuk hal bersedih karena dia orang yang semangat, tabah dan tidak mudah putus asa. Apa yang menjadi tujuannya akan dia kejar sampai didapatkan. Pemikirannya realistis dan logis, walau semangatnya juga berpengaruh dalam hal ini. Mereka tidak mau disalahkan karena mereka biasanya memang benar. Tapi kadang semangatnya terlalu besar hingga membuat orang lain kelelahan. Tapi dia juga adalah orang yang akan membantu anda saat diperlukan, karena umumnya mereka berjiwa besar. mereka dengan mudah meruntuhkan semua lawannya, tapi paling tidaki tahan dengan orang yang terlalu santai, bersikap seakan tidak peduli. Mereka bisa jadi putus asa karena itu. Dia tidak bisa mengabaikan pekerjaan karena mereka peduli dengan masa depan. Mereka orang yang ingin dibanggakan dan dihargai. Dan mereka memang pantas dijadikan pemimpin atau motivator. Prinsi kerja: Ayo lakukan dengan cara saya, sekarang!

MELANKOLIS YANG SEMPURNA (Introver, Pemikir, Pesimis)
Sunyi dan sendiri... Itulah suasana yang diidamkan oleh para Melankolis. Tanya kenapa? Gag tau juga,... Mungkin karena udah dari sononya... Melankolis orangnya paling suka berpikir. Tidak tahan dengan suasana yagn berantakan dan kacau. Orangnya sensitif, dan luka yang sudah dia terima susah disembuhin. Kalo marah, pelariannya ke nangis dan merenung. Otaknya terorganisasi dengan teratur. Kadang-kadang keinginannya tidak realistis walaupun masih bersifat logis. Dia ingin semuanya terlihat sempurna, sebaik mungkin, dan terbaik. Isi hatinya sangat mendalam, dan gelap. Dia melihat masa depan dengan mempertimbangkan situasi terburuk lebih dulu. Orang Melankolis biasanya berbakat di bidang seni karena perasaannya yang sensitif. Kalu menjawab penuh pertimbangan, bukannya tidak tahu, tapi mereka melihat banyak kemungkinan. Mereka juga suka menunda-nunda pekerjaan kare ingin hasilnya sesempurna mungkin. Dia butuh waktu sendiri. Orangnya tekun dan setia, dan akan mematuhi peraturan yang ada, selama itu menurutnya benar.Mudah cemas dan menangis.Pendiriannya tetap dan cukup sulit digoyahkan. Prinsip kerjanya: Mari kita lakukan dengan cara yang sebenar-benarnya.

PHLEGMATIS YANG DAMAI (Introvert, Pengamat, Pesimis)
Ini dia Phlegmatis yang dikenal dengan kemampuannya meredakan situasi yang panas, dan pribadinya yang santai menjalani hidup. Emosi dan pikirannya tidak pernah benar-benar diketahui karena wajah mereka selalu terlihat tenang. Mereka luwes, ganpang bergaul, fleksibel dan santai, tapi sayangnya pemalas. Wahahaha... Mereka nyaman dengan teman-teman, tapi juga senang menyendiri. Kalu dia tidak dianggap mungkin bisa menjadi sedingin dan sekeras es, tapi kalo diajak ngobrol dia jadi orang yang hangat, berselera humor yang menggigit. Orang Phlegmatis juga dianugerahi dengan sifatnya yang bijaksana dan damai. Orang tidak benar-benar perlu memerhatikan peraturan jika bergaul dengan mereka. Mereka membutuhkan dukungan. Andai saja anda merendahkannya, dia betul-betul akan terlihat seperti tidak punya kemampuan. Lagipula, kelebihannya yang terlihat dari luar hanyalah sebagian dari kemampuannya yang sesungguhnya. Cenderung lambat mengambil keputusan dan berharap tidak perlu memilih. Karena menganggap banyak hal di dunia ini yang begitu berharga untuk dipilih. Mereka paling takut jika disuruh menyelesaikan konflik atau berhubungan dengannya, tapi mereka bisa memberikan solusi yang mudah, sesuai dengan prinsip kerjanya: Lakukan dengan cara yang ternyaman dan mudah saja.

Kebetulan personality saya Phlegmatis-Melankolis dan saya tidak sangka saya mampu juga nulis ini... Soalnya gue males banget rangkai kata-kata berurutan buat nulis yang kayak gini. Syukurlah semuanya sudah berlalu dan gue bisa lega karena sudah nulis ini sampe jam 4 subuh sendirian lagi! Hahaha... Biasanya engan malam gue ngerasain perasaan kacau dan hancur itu, tapi syukurlah hari ini nggak.! Seneng gue. Oke, para Anda, salam sejuk dari kanda.. Sampe jumpa... Bye-bye.. Syukurlah udah selesai... Huft.

1 komentar:

  1. Waah, setelah saya baca ulang ternyata banyak yang salah, maafkan saya!!!

    BalasHapus

apa pendapatmu...?